SERBA TAHU YANG ANDA TAHU

Selasa, 30 Mei 2017

CARA CEPAT ANDA MENGUASAI BAHASA INGGRIS


Interaksi orang berbicara


Be an English-Geek!

                Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, jadi penting untuk dipelajari karena banyak manfaat jika kita mempelajarinya secara sungguh-sungguh. Bahasa Inggris susah, ya? Eits, sebenarnya bahasa Inggris tidak sesusah yang kalian pikirkan, lho. Mungkin kalian beranggapan demikian karena kurangnya latihan dan digunakan dalam sehari-hari. Mau tahu gimana tips agar skill bahasa Inggrismu meningkat? Yuk, simak beberapa tips sederhana di bawah  ini!
1. Mulai sekarang, latih menonton film dengan English subtitle
                Bagi kalian yang suka nonton film di laptop nih, mulai biasakan menggunakan subtitle yang berbahasa Inggris. It may be hard at first, karena mungkin kebiasaan menggunakan subtitle bahasa Indonesia jadi seakan-akan kalian akan mikir dua kali dengan menonton film itu, bukan? In that case, jika ada kosa kata yang tidak kalian tahu, jangan sungkan-sungkan untuk membuka kamus kalian dan ingat-ingat kosa kata tersebut, kalau perlu ditulis agar kata-kata tersebut terus terngiang di otak kalian. Oh ya, dari menonton film western atau barat, kalian juga akan mengetahui cara berbicara mereka atau aksen mereka entah itu British, American dan aksen-aksen lain dan sampai dengan bahasa gaul mereka atau slang. Nah, kalian juga bisa berlatih speaking juga dengan menirukan dialog-dialog yang ada di film tersebut.
2. Suka dengerin lagu westernVocabularies makin kaya!
                Yup, dari mendengarkan lagu barat nih guys, kalian bisa juga lho memperkaya kosa kata berbahasa Inggris. Seperti kegiatan lainnya, jangan malu-malu buat buka kamus kalian jika ada kosa kata yang kalian tidak ketahui dan kalau ini dari lagu biasanya kalian akan langsung hafal dengan arti kata tersebut karena kalian sering mendengar atau bahkan menyanyikannya. Tetapi untuk catatan saja, lagu barat tidak selamanya mempunyai grammar atau tata bahasa yang benar, karena musisi selalu menyesuaikan lirik dengan musik mereka. Contoh saja nih lagu sejuta umat tahun 2016, Love Yourself-nya Justin Bieber, ada lirik seperti ini “My mama don’t like you, she likes everyone.”, ‘she’ kok pakai ‘don’t’ ya? Seperti itu guys, namun lagu barat bisa bikin kaya kosa kata untuk kita semua. Kalian juga  bisa latihan listening dari lagu barat, dengan cara kalian hanya mendengarkan lagunya, lalu menulis lirik lagi tersebut sebelum kalian melihat lirik aslinya, sesudah itu coba kalian cek dengan lirik aslinya.
3. Grammar susah? Read in English a lot!
                Aduh, grammar kok susah banget ya? Mungkin sebagian dari kalian atau semuanya berpikiran seperti itu, memang grammar dari dulu merupakan momok terbesar untuk orang-orang yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Di samping grammar sudah diajarkan di kelas maupun di tempat bimbingan belajar, kalian bisa juga belajar grammar sendiri dengan membaca buku berbahasa Inggris atau minimal membaca berita atau bacaan di internet. Karena seringnya kalian membaca dalam bahasa Inggris, kalian akan jadi tahu tataan bahasanya bagaimana. Bagi yang suka membaca buku bacaan, bisa mencoba membaca novel berbahasa Inggris dimulai dari bacaan ringan terlebih dahulu, buku karya John Green ataupun Rainbow Rowell bisa menjadi bacaan kalian, nambah-nambah untuk mengurangi stress juga ya, guys.
4. Make your own journal in English!
                Yang suka menulis apapun termasuk menulis curahan hati, coba deh untuk menulis di dalam bahasa Inggris, hitung-hitung untuk latihan writing juga. Jangan takut jika grammar salah atau kosa kata yang itu-itu saja, it’s okay! Semua perlu proses, termasuk dalam hal ini juga.
5. At last but not at least, Find your own English partner!
                Kita berbicara bahasa Inggris tidak lancar bisa dikarenakan kita tidak terbiasa untuk mengucapkan bahasa tersebut di kehidupan sehari-hari. Lalu bagaimana agar kita bisa—setidaknya sedikit menggunakan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari?  Cari ‘partner’ berbicara bahasa Inggrismu. Carilah teman yang menurut kalian mempunyai kesamaan tujuan maupun interest dengan kalian, lalu cobalah berbicara bahasa Inggris dengan partnermu di situasi tertentu. Selain kalian berlatih berbicara bahasa Inggris, kalian juga secara tidak langsung belajar berinteraksi dengan orang lain serta menjawab pertanyaan secara langsung ataupun spontan.


               Seperti kalimat yang mengatakan ‘Practice makes perfect’ jadi kalian harus terbiasa melakukan hal ini setiap hari. Selalu sisihkan sedikit waktu untuk belajar bahasa Inggris agar skillmu meningkat. Kunci dalam berbahasa Inggris sebenarnya adalah jangan malu. Jangan malu jika grammarmu salah, jangan malu untuk buka kamus saat kalian tidak tahu arti kosa kata, jangan malu untuk mendengarkan, dan jangan malu untuk berbicara. Kesalahan atau grammar error sudah sangat wajar, kalian hanya perlu banyak latihan dan bertanya lagi. Satu lagi, penggunaan kamus fisik akan jauh lebih baik daripada kamus elektronik. Why? Karena adanya proses itu  akan lebih teringat daripada mencari secara instan dari kamus 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kami memperkenankan anda untuk bertanya maupun mengomentari

Post Ads

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Labels Utama

    Popular Posts

    Tags

    Arsip Blog

    Unordered List